STUDI KOMPARASI TENTANG MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN PRA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DENGAN PESERTA DIDIK TANPA MEMBACA AL-QUR’AN PRA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MTs DARUL MUAWANAH

Fatchurrohman, M (2015) STUDI KOMPARASI TENTANG MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MEMBACA AL-QUR’AN PRA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DENGAN PESERTA DIDIK TANPA MEMBACA AL-QUR’AN PRA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MTs DARUL MUAWANAH. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar sangat diperlukan dalam setiap kegiatan belajar mengajar agar proses transformasi ilmu dari pendidik ke peserta didik menjadi maksimal. Berbagai pendekatan dilakukan baik pendekatan emosional maupun spiritual agar tercipta motivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu pendekatan spiritual dilakukan oleh pendidik adalah dengan mewajibkan peserta didik membaca al-Qur’an sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM). Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik memebaca al-Qur’an Pra KBM dengan peserta didik tanpa membaca al-Qur’an pra KBM di MTs Darul Mu’awanah. Kedua untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi antara peserta didik memebaca al-Qur’an pra KBM dengan peserta didik tanpa membaca al-Qur’an Pra KBM. Dalam penelitian ini digunakan pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan penelitian secara langsung di lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan motivasi belajar peserta didik membaca al-qur’an pra KBM dengan peserta didik tanpa membaca al-Qur’an pra KBM. Anak yang termotifasi semangat untuk belajar tinggi buktinya tiap kali mata pelajaran PAI anak yang termotivasi lebih sering bertanya pada guru mata pelajaran, dan memperhatikan penjelasan dari guru, sering menjawab pertanyaan dari guru. Sebaliknya peserta didik yang tidak termotivasi cenderung tidak memeperhatikan penjelasan dari guru. Kata kunci: Studi Komparasi, Motivasi Belajar dan Pesrta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 12 Nov 2015 06:48
Last Modified: 12 Nov 2015 06:48
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats