PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. YPM 5 GEDANGAN SUMOBITO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SETYAWAN, HENDY PURBO (2015) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs. YPM 5 GEDANGAN SUMOBITO JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran fiqih, perlu diterapkan berbagai teknik pembelajaran yang menumbuhkan minat, motivasi, dan aktivitas peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif teknik Two Stay-Two Stray (TS-TS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar pengamatan proses belajar mengajar, metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik Two Stay-Two Stray (TS-TS) sangat baik diterapkan pada mata pelajaran fiqih, Penerapan pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray (TS-TS) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII MTs. YPM 5 Gedangan Sumobito pada mata pelajaran fiqih karena persentase siswa yang aktif pada setiap indikator selalu meningkat dari siklus I sampai sikus II. Pada siklus I rata-rata terdapat 42.4% siswa aktif, dan pada siklus II rata-rata terdapat 90,6% siswa aktif pada setiap indikator aktivitas belajar yang diamati. Penerapan pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray (TS-TS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. YPM 5 Gedangan Sumobito pada mata pelajaran fiqih. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 66,67%,pada sikus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 86,67%. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Teknik Two Stay-Two Stray (TS-TS), Aktifitas Belajar, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:44
Last Modified: 12 Nov 2015 04:44
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats