PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DAN AL-HADIST PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUKMININ KALANGSEMANDING PERAK JOMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Bikhairiyah, Fariha (2015) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AL-QUR’AN DAN AL-HADIST PADA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUKMININ KALANGSEMANDING PERAK JOMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Bimbingan orangtua turut memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat dalam belajar dan mencapai prestasi sesuai dengan harapan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi kepada guru dan orangtua agar bisa memberikan perhatian dan bimbingan belajar kepada anak-anaknya sehingga mereka dapat berprestasi sesuai dengan potensi yang dimiliki. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket dan dokumentasi dengan subyek penelitian 35 siswa dan orangtua. Untuk mendapatkan data tentang bimbingan belajar orangtua penulis menggunakan metode angket dan untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa penulis menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengambil nilai rata-rata prestasi siswa yang didapat dari leger. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwaTerdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar yang dilakukan orangtua terhadap anak dengan prosentase 67,39% dengan kategori cukup baik, dengan prestasi belajar bidang studi al-Qur’an dan al-Hadist pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukminin Kalangsemanding Perak Jombang Tahun Ajaran 2014/2015 dengan prosentase sebesar 66,22% dan termasuk kedalam kategori cukup baik. Sehingga hipotesa menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif antara bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar bidang studi al-Qur’an dan al-Hadist pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Kalangsemanding Perak Jombang dengan perhitungan nilai r = 0,554 lebih besar dari pada taraf signifikansi di dalam tabel product moment yaitu 5% = 0,334. Kata Kunci : Bimbingan, Prestasi Belajar, Orangtua, Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:09
Last Modified: 12 Nov 2015 04:09
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats