PENGARUH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK) TERHADAP HARGA DIRI KORBAN BULLYING DI SMP 1 DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG

SARI, DWI NOFITA (2018) PENGARUH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK) TERHADAP HARGA DIRI KORBAN BULLYING DI SMP 1 DARUL ULUM PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantran Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bullying merupakan suatu perilaku agresif yang diniatkan untuk menjahati atau membuat korbannya merasa kesusahan, korban Bullying cenderung memiliki harga diri yang rendah. Upaya dilakukan untuk meningkatkan harga diri korban Bullying adalah Upaya nonfarmakologi yaitu Terapi Aktivitas Kelompok (TAK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Harga Diri korban Bullying. Design penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen dengan pendekatan Pretest-Postest Design dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel terdiri dari 30 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen untuk mengukur Harga Diri menggunakan Rosenberg Self-esteem Scale, data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann Withney dengan α<0,05. Hasil penelitian pada kelompok perlakuan menunjukkan ada pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok terhadap Harga diri dengan nilai signifikan 0,00 (ρ<α) sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada pengaruh dengan nilai ρ>α. Ada perbedaan pengaruh antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai signifikan 0,00 (ρ<α). Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) efektif meningkatkan harga diri korban Bullying. Kata Kunci: Bullying, Harga Diri, TAK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:06
Last Modified: 03 Sep 2018 03:06
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats