Faika, Ana (2015) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN METODE LAFẒIYYAH PADA PEMBELAJARAN TERJEMAH AL-QUR’AN (JUZ ‘AMMA) DI MADRASAH DINIYAH ULA ANWARUL QUR’AN GADING TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Metode Lafẓiyyah merupakan metode pemberian arti terhadap ayat-ayat al-Qur’ān melalui pemberian arti kata demi kata pada susunan ayat al-Qur’ān. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pelaksanaan danmengetahui efektifitas metode Lafẓiyyah pada pembelajaran terjemahan al-Qur’ān (juz‘amma) di Madrasah Diniyah Ula Anwarul Qur’an Gading Tugusumberejo Peterongan Jombang. Dalam penelitian ini penulis memilih metode penelitian kuantitatif, analisisdata menggunakan statistik deskriptif. Adapun yang peneliti gunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling purposive. Adapun sampel yang dimaksud dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas III dan IV yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, interview dan angket. Untuk menganalisa efektifitas metode Lafẓiyyah dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur’ān di Madrasah Diniyah Ula Anwarul Qur’an Gading Tugusumberejo Peterongan Jombang digunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifitasan metode Lafẓiyyah pada pengajaran terjemah Al-Qur’ān di Madrasah Diniyah ”Anwarul Qur’an” Gading Tugusumberjo Peterongan Jombang adalah kuat (tinggi). Hal ini terbukti dengan nilai di atas rata-rata mencapai 71,79%. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Lafẓiyyah, Pembelajaran, Terjemah al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 03:39 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 03:39 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/113 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |