Implementasi Managemen Sarana dan Prasarana dalam Pencapaian Wajib Belajar 9 Tahun di Departemen Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016.

QOMAROH, ANIS (2017) Implementasi Managemen Sarana dan Prasarana dalam Pencapaian Wajib Belajar 9 Tahun di Departemen Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan manusiaIndonesia yang berkualitas. Dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, pemerintah mewajibkan semua warga tanpa memandang agama, status sosial, etnis, dan gender mengikuti penyelenggaraan pendidikan dasar sembilan tahun dimulai sejak usia tujuh sampai dengan lima belas tahun. Saat ini bangsa Indonesia selain telah memasuki era globalisasi juga tengah memasuki era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Tantangan pendidikan dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang berhubungan program wajib belajar 9 tahun terutama di Kabupaten Jombang apalagi wacana program wajib belajar 12 tahun sudah mulai dicanangkan pemerintah menarik untuk dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketersedian sarana dan prasarana (gedung sekolah) dalam pencapaian wajib belajar 9 tahun di Kabupaten Jombang tahun 2015/2016. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Dari data primer dan data sekunder yang didapatkan dalam penelitian selanjutnya dianalisis dan dibahas, setelah melalui pemisahan dan pengelompokan yang dilakukan terhadap data-data yang diperlukan dalam karya tulis ini Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa di Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2015/2016, APM bernilai 96.85% untuk tingkat SD/MI dan 92.5% untuk tingkat SMP/MTs. Sedangkan APK bernilai 106.96% untuk tingkat SD/MI dan 111.82% untuk tingkat SMP/MTs. Tingkat SD/MI terdapat 818 lembaga dengan siswa seluruhnya sebasar 123.473 Untuk menampung sejumlah siswa tersebut tersedia ruang kelas sebanyak 5.460 . Sedangkan di tingkat SMP/MTs terdapat 251 lembaga dengan jumlah siswa seluruhnya sebesar 69.979 .Untuk menampung sejumlah siswa tersebut tersedia ruang kelas sebanyak 2.314 . Dalam rangka Untuk memenuhi ketuntasan wajib belajar 9 tahun dalam bidang sarana dan prasarana untuk tingkat SD/MI harus ada perbaikan gedung sekolah sebanyak 1228 gedung dan pembangunan ruang kelas baru sebanyak 63 gedung, untuk tingkat SMP/MTs harus ada perbaikan gedung sekolah sebanyak 328 gedung dan pembangunan ruang kelas baru sebanyak 49 gedung. Kata kunci : Sarana dan Prasarana, Wajib Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 26 Apr 2018 06:50
Last Modified: 26 Apr 2018 06:50
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats