PENGARUH KUALITAS INTERAKSI PEMBINA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRI ASRAMA AS – SYAFI`IYAH DARUL ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG

HASANAH, IMROATUL (2023) PENGARUH KUALITAS INTERAKSI PEMBINA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PUTRI ASRAMA AS – SYAFI`IYAH DARUL ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial secara alami berinteraksi untuk berkembang dan belajar. Di lingkungan pendidikan seperti pondok pesantren, kehadiran pembina asrama memiliki peran penting sebagai mentor dan wali santri untuk membimbing dalam kegiatan sehari-hari dan meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas interaksi pembina terhadap motivasi belajar santri putri di Asrama As-syafi’iyah Darul Ulum Jombang. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 30 santri putri yang dipilih secara acak, menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, validitas, reliabilitas, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas interaksi pembina signifikan berpengaruh terhadap motivasi belajar santri putri (p-value < 0,05), menandakan pentingnya peran pembina dalam mendukung kesuksesan belajar santri. Temuan ini menekankan perlunya kolaborasi yang baik antara pembina dan santri dalam mencapai tujuan pendidikan di pesantren. Hasil regresi juga menunjukkan bahwa setiap peningkatan dalam kualitas interaksi pembina memberikan kontribusi positif terhadap motivasi belajar santri. Kata Kunci: Interaksi sosial, Pondok pesantren, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:57
Last Modified: 16 Oct 2025 02:57
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3523

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats