IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAH AN-NAHL AYAT 125 DAN SURAH ALI-IMRAN AYAT 159 PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH BALONGREJO SUMOBITO

Khamal, Muhamad (2023) IMPLEMENTASI METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAH AN-NAHL AYAT 125 DAN SURAH ALI-IMRAN AYAT 159 PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH BALONGREJO SUMOBITO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
DAPUS & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pendidikan Islam dalam perspektif surah An-Nahl ayat 125 dan surah Ali-Imran ayat 159 pada siswa kelas XI MA Balongrejo Sumobito. Dari hasil penelitian, ada enam metode, yaitu metode hikmah, metode mau'idzoh hasanah, metode jidal, metode lintalahum, metode musyawarah, dan metode teladan. Implementasi metode hikmah melalui mengajar dengan lemah lembut dan kasih sayang, menerapkan metode ibrah dan kisah, dan menggunakan sumber rujukan beragam. Metode mau’izhoh hasanah melalui penggunaan bahasa yang mudah dipahami, memberikan nasehat berulang, dan memberi peringatan. Metode jidal melalui metode diskusi dan tanya jawab, memberikan tugas presentasi mandiri, dan mengkedepankan dialog sebagai pemecah masalah. Metode lintalahum dengan cara mengajar dengan lemah lembut dan kasih sayang, menerapkan teori belajar humanistik, serta mempererat hubungan kekeluargaan seluruh warga sekolah. Metode musyawarah pada siswa kelas XI MA Balongrejo dengan cara mengkedepankan kesepakatan bersama, menerapkan metode diskusi kelompok, serta menerapkan metode pembelajaran active learning. Metode teladan dengan cara melakukan kegiatan pembiasaan dan pengamalan dan menjadikan guru sebagai role model bagi siswa. Kata kunci : Metode Pendidikan Islam, Perspektif Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:47
Last Modified: 16 Oct 2025 02:47
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats