PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PROGRAM MADIN KAJIAN KITAB MABADI FIKIH DI MTS SYAFI’IYAH PULOREJO

Rohman, Mohammad Latifur (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PROGRAM MADIN KAJIAN KITAB MABADI FIKIH DI MTS SYAFI’IYAH PULOREJO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
HASI CEK SIMILARITY.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi mabadi fikih sehingga diterapkannya strategi pembelajaran berbasis masalah ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Penerapannya diawali dengan menghadirkan masalah untuk di analisis oleh siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang pelaksaan strategi pembelajaran berbasis masalah dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis masalah agar dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek yang dijadikan penelitian adalah siswa kelas VIII dan guru mabadi fikih MTs Syafi’iyah Pulorejo. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis masalah ialah kondisi siswa, kelas dan cara penyampaian guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah diterapkan melalui beberapa tahapan yaitu 1) pemberian masalah untuk dipecahkan siswa 2) klarifikasi guru terhadap jawaban siswa 3) evaluasi dari jawaban siswa. Kata kunci: berbasis masalah, berpikir kritis, strategi pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:31
Last Modified: 14 Oct 2025 02:31
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats