PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG

Wahidah, Asni (2024) PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (20kB)

Abstract

SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang telah berhasil mengintegrasikan Kurikulum Merdeka secara efektif, berkat praktik supervisi akademik yang diterapkan oleh kepala sekolah. Supervisi ini bertujuan untuk mempersiapkan dan mengoptimalkan Kurikulum Merdeka, terbukti dengan sekolah ini meraih predikat terbaik di Jombang dan banyak siswa yang lolos SNBP. Namun, ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan supervisi, seperti guru yang melebihi usia pensiun, keterbatasan waktu, dan keberagaman sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran supervisi akademik kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka dan faktor pendukung serta penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan interaktif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dan dianalisis melalui triangulasi, verifikasi, reduksi, serta penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran supervisi akademik kepala SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang tertuang dalam empat hal. Pertama, supervisi akademik melakukan pra observasi, sosialisasi, pendampingan, pemantauan, penilaian, berkelanjutan. Kedua, implementasi kurikulum merdeka sesuai petunjuk pemerintah, difasilitasi BBGP Jawa Timur, lokakarya, PMO, evaluasi, refleksi, rekomendasi tindak lanjut. Ketiga, supervisi akademik pada kurikulum merdeka mencakup perencanaan, koordinasi, perbaikan, umpan balik, pemantauan. Keempat, supervisi didukung program yang terencana, guru senior sebagai supervisor, serta umpan balik konstruktif. Namun dalam melakukan supervisi terdapat hambatan diantaranya kendala usia, waktu terbatas, keberagaman sumber daya manusia, dan keterampilan guru. Kata Kunci: supervisi akademik, optimalisasi implementasi, kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 28 Dec 2024 06:36
Last Modified: 28 Dec 2024 06:36
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats