MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK PESERTA DIDIK MODERAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MOJOKERTO

Khusaini, Ahmad Alfin (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK PESERTA DIDIK MODERAT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (63kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (23kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara multikultural di dunia dengan berbagai macam perbedaan yang ada mulai dari sosial, budaya, agama dan bahasa. Hal itu menjadikan sebuah harmoni indah di dalamnya. Namun pada faktanya muncul fenomena perselisihan, gerakan radikalis dan ektrimis yang menyerang di tengah masyarakat tidak terkecuali dunia pendidikan. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang berperan aktif untuk menjadi penetral dari adanya gerakan-gerakan yang menyimpang karena tidak sepaham dengan pemikiran moderat. Oleh karena itu peneliti membuat topik penelitian Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Dalam Membentuk Peserta Didik Moderat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Mojokerto. Peneliti ingin membahas fokus masalah pada proses manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi dalam membentuk peserta didik moderat serta faktor penghambat dan solusi dalam pelakasanaannya. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini betujuan untuk mengetahui proses dan hasill manajemenisasi pembelajaran PAI berbasis moderasi beragama beserta penghambat dan solusi yang dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa di sekolah tersebut menjalankan manajemenisasi pembelajaran berbasis moderasi beragama. Hal itu dibuktikan dengan adanya perencanaan dengan pemetaan materi dan penyusunan RPP. Sedangkan dalam pelaksanaan dan pengorganisasiannya dilaksanakan dengan pemberian materi, penggunaan model dan strategi pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran dalam unsur pendukungnya semua aktifitas itu dilakukan di dalam kelas. Selanjutnya guru memberikan evaluasi dengan refleksi dan penguatan dengan tujuan peserta didik menjadi lebih moderat. Dalam proses pelaksanaan sebuah program tidak terlepas dari hambatan yang dialami, diantarannya yaitu minimnya materi terkait moderasi beragama, adanya perbedaaan latar belakang sosial budaya peserta didik dan pendidik dan minimnya media yang akan digunakan. Dengan demikian muncullah solusi berupa adanya inisiatif guru mencari materi terkait moderasi beragama melalui web, jurnal, workshop dan diklat, melakukan pendekatan kepada peserta didik untuk mengetahui latar belakang sosial budayanya. Serta, guru membuat media alternatif melalui Kreasi dan inovasi media pembelajaran agar tercapai tujuan dari pembelajaran yang dimaksud. Kata kunci : Manajemen, Pembelajaran PAI dan Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 28 Dec 2024 03:56
Last Modified: 28 Dec 2024 03:56
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats