Manajemen Strategik Sekolah Dasar Islam Terpadu Hasan Sanusi Catakgayam Mojowarno dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Farihah, Ummu (2023) Manajemen Strategik Sekolah Dasar Islam Terpadu Hasan Sanusi Catakgayam Mojowarno dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (64kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (62kB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat, karena berpengaruh terhadap perkembangan sosial, ekonomi, dan budaya. Untuk mencapai pendidkan yang berkualitas, diperlukan manajemen strategi yang efektif. Manajemen strategi berpijak pada perencanaan. pelaksanaan dan evaluasi. Langkah pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan mayarakat dan perkembangan zaman. Kurikulum merdeka merupakan salah satu upaya untuk mengatasi krisis pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan kemandirian siswa, sehingga dapat mengembangkan minat dan potensinya lebih optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi tentang manajemen strategi yang dilakukan SDIT Hasan Sanusi dalam menerapkan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategik yang digunakan dalam implementasi kurikulum merdeka di SDIT Hasan Sanusi dilaksanakan sesuai dengan teori manajemen dan panduan pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan. Dalam penerapan kurikulum merdeka, di sekolah ini terdapat faktor pendukung yaitu motivasi dari kepala sekolah terhadap guru, dukungan dari pemerintah dan sekolah penggerak. Meskipun begitu dalam penerapan pengembangannya masih terjadi hambatan- hambatan, seperti : pemahaman guru yang kurang dan terbatasnya sarana dan prasarana. SDIT Hasan Sanusi telah menyusun rencana strategis untuk mengatasi hal tersebut melalui rencana pengembangan sekolah dan rencana operasional sekolah sebagai upaya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kata Kunci: Manajemen strategik, Kurikulum Merdeka, Siswa& guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 28 Dec 2024 03:43
Last Modified: 28 Dec 2024 03:43
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3365

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats