PENGARUH MANAJEMEN MODEL KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KEDISIPLINAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG

Mashula, Mashula (2023) PENGARUH MANAJEMEN MODEL KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KEDISIPLINAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed (5).pdf

Download (82kB)
[img] Text
HHASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (24kB)

Abstract

Manajemen kepemimpinan sangat penting perannya dalam merubah, mempertahankan, serta mengembangkan keberadaan organisasi atau lembaga. Kepemimpinan dapat di percaya sebagai kekuatan kunci penggerakan organisasi hingga bisa membangun dalam suatu budaya baru dengan sesuai hal perubahan. Kepemimpinan yang memiliki model kepemimpinan demokratis kepada guru diharapkan guru memberi umpan balik dengan memiliki kompetensi profesional dan kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan memajukan sekolah. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dengan populasi seluruh guru diSekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang yaitu berjumlah 72 dengan menggunakan rumus slovin. Dari Populasi 72 guru yaitu hasil yang diperoleh adalah 61 sampel. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Penelitian1Lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini adalah Ada pengaruh positif dan signifikan antara manajemen model kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X) terhadap kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang (Y1), dengan diperoleh nilai t hitung 4.432 > 2.008 dan nilai signifikan 0.000 < 0,05. Ada pengaruh positif dan signifikan antara manajemen model kepemimpinan demokratis kepala sekolah (X) terhadap kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang (Y2), dengan diperoleh nilai t hitung 4.432 > 2.008 dan nilai signifikan 0.000 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama variabel manajemen model kepemimpinan demokratis (X) terhadap kompetensi profesional guru (Y1) dan kedisiplinan guru (Y2). Diketahui F hitung (14,659) lebih besar dari F tabel (3,19) dan nilai uji t signifikan (0,000) < (0,05). Kata Sandi: Kedisiplinan guru. Kompetensi profesional guru, Manajemen Kepemimpinan demokratis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 24 Dec 2024 03:25
Last Modified: 24 Dec 2024 03:25
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3356

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats