Ulfiana, Ulfiana (2023) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL HIDAYAH BUDUG JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_compressed.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (147kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed (1).pdf Download (60kB) |
|
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (22kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh knowledge management dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. (2) Bagaimana pengaruh kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. (3) Bagaimana pengaruh knowledge management dan kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. Dengan berdasarkan pada perumusan masalah tersebut, dibuatlah hipotesis, yakni: (1) Ada pengaruh antara knowledge management dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. (2) Ada pengaruh antara kinerja guru terhadap minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. (3) Ada pengaruh secara signifikan dan simultan antara knowledge management dan kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) Menganalisis pengaruh knowledge management dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. (2) Menganalisis pengaruh kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. (3) Menganalisis pengaruh knowledge management dan kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang berjumlah 15 orang dan siswa kelas VII (32 orang) dan kelas VIII (31 orang). Sampel yang diambil adalah sejumlah 14 orang baik dari guru maupun siswa. Kemudian dalam teknik pengambilan datanya adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan selama pengambilan data adalah dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan program SPSS 18 for Windows. Hasil penelitian tidak adanya pengaruh secara signifikan knowledge management dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug dengan hasil penelitian nilai t hitung < t tabel, yakni -0,040 < 2,201 atau nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,969 > 0,05) yang berarti H0 diterima. Kemudian juga tidak adanya pengaruh kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug dengan hasil penelitian nilai signifikansi variabel kinerja guru lebih besar dari 0,05 (0,629 > 0,05) atau nilai t hitung < t tabel (0,497 < 2,201) yang menunjukkan H0 diterima. Dan tidak adanya pengaruh secara signifikan dan simultan variabel knowledge management dan kinerja guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Budug dengan hasil penelitian dari Uji F bahwa nilai signifikansi sebesar 0,779 yang lebih besar dari 0,05 (0,779 > 0,05) dan nilai F hitung < F tabel (0,256 < 3,89) sehingga H0 diterima. Kata Kunci: Knowledge Management, Kinerja Guru, Minat Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:56 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:56 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3352 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |