ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA (USER EXPERIENCE) PADA E-BPHTB MENGGUNAKAN SUPR-Q DI BAPENDA JOMBANG

PUTRA, MUHAMMAD HIDAYAT (2024) ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA (USER EXPERIENCE) PADA E-BPHTB MENGGUNAKAN SUPR-Q DI BAPENDA JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
Cover - Abstark_compressed.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran_compressed.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Hasil Similarity_compressed.pdf

Download (15kB)

Abstract

Analisis user experience pada elektronik Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (e-BPHTB) menggunakan SUPR-Q dilakukan untuk mengevaluasi kualitas pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem informasi. Tujuan dari studi ini adalah untuk menilai kepuasan, kecepatan, kesederhanaan, dan kemudahan dalam menggunakan e-BPHTB. Metodologi yang digunakan adalah analisis pengalaman pengguna menggunakan SUPR-Q. Pada penelitian ini, ada empat variabel yang diukur yaitu usability, trust, appearance, dan loyalty. Penyusunan kuesioner menggunakan metode SUPR-Q dilakukan dengan merumuskan 13 pertanyaan yang akan diberikan kepada responden untuk menilai pengalaman pengguna dalam menggunakan sistem e-BPHTB. Dari data jawaban skala likert yang diperoleh, nilai signifikansi sebesar 5% digunakan untuk memvalidasi kualitas jawaban dari 40 responden, sehingga hasil analisis SUPR-Q tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Dari hasil pengujian menggunakan metode SUPR-Q untuk empat aspek yang berbeda, terdapat temuan yang konsisten mengenai penilaian rendah terhadap sistem Usability skor persentase 56,4% menunjukkan masih ada ruang besar untuk perbaikan dalam usability sistem. Trust skor persentase 42,8% menunjukkan rendahnya tingkat kepercayaan pengguna terhadap sistem. Appearance skor persentase 42,3% menunjukkan bahwa penampilan sistem perlu ditingkatkan. Loyality skor persentase 42,6% menunjukkan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem masih kurang. Kata Kunci: E-BPHTB, User experience, SUPR-Q

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 21 Dec 2024 04:00
Last Modified: 21 Dec 2024 04:54
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats