Rancang Bangun Aplikasi SIMATIK (Sistem Informasi Manajemen Servis Elektronik) Berbasis SAAS (Software as a Service)

BAHRUDDIN, ZAKKI ANWAR (2024) Rancang Bangun Aplikasi SIMATIK (Sistem Informasi Manajemen Servis Elektronik) Berbasis SAAS (Software as a Service). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB 2_compressed.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 3_compressed.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY_compressed.pdf

Download (122kB)

Abstract

Banyak pelaku usaha jasa elektronik, terutama yang berskala kecil hingga menengah, mengalami kesulitan dalam mengelola data layanan secara manual. Hal ini tidak hanya berdampak pada efisiensi operasional, namun juga kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Maka dari permasalahan tersebut penulis membangun sebuah sistem SIMATIK, sistem yang dapat membantu mengelola data layanan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka untuk mendapatkan informasi terkait proses servis barang elektronik dalam jasa layanan servis dan interaksi antar teknisi servis dengan pelanggan. Aplikasi SIMATIK dibangun menggunakan metode agile, perancangan keseluruhan sistem menggunakan pemodelan UML dan berbasis web. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sistem yaitu PHP, CSS, HTML, Framework Laravel, PHP MVC, dan MySQL sebagai databasenya. Hasil yang didapat berupa sebuah sistem informasi manajemen servis elektronik berbasis SaaS yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework Laravel 10 dan MySQL sebagai databasenya. Bisa mengelola data servis dari pelanggan yang mana dapat membantu pihak jasa layanan servis elektronik dalam mengelola seluruh proses pencatatan dan pengelolaan data secara digital. Pelanggan juga bisa melakukan pemantauan progres servis untuk barang yang sedang diservis. Kata Kunci: Sistem Informasi, SaaS, SIMATIK, servis elektronik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 18 Dec 2024 02:46
Last Modified: 18 Dec 2024 02:46
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats