ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP WEBSITE ELEARNING DISTY (DILAN) MENGGUNAKAN METODE SUS (SYSTEM USABILITY SCALE)

HIDAYAT, FARID (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP WEBSITE ELEARNING DISTY (DILAN) MENGGUNAKAN METODE SUS (SYSTEM USABILITY SCALE). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
COVER_compressed (1).pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat pengalaman pengguna atau user experience dari e-learning DILAN (Disty Learning) dalam kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka (MSIB) yang diselenggarakan oleh PT Disty Teknologi Indonesia. Elearning ini digunakan oleh mentor perusahaan dan peserta magang untuk memberikan tugas, kuis, dan materi serta melakukan ujian, mengunggah tugas, dan berkomunikasi dengan sesama peserta melalui fitur chat serta dapat digunakan peserta untuk absensi selama materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Usability Scale (SUS), yang mengukur lima aspek usability: kemudahan belajar (learnability), kemampuan mengingat (memorability), efisiensi penggunaan (efficiency), frekuensi kesalahan (error), dan kepuasan pengguna (satisfaction). Pengujian dengan menggunakan kuesioner SUS yang berisi 10 pertanyaan. Penelitian ini melibatkan 55 responden yang merupakan pengguna website disty e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata SUS adalah 71. Berdasarkan peringkat SUS, website Disty e-learning mendapatkan peringkat C dalam hal usability. Peringkat C dapat dianggap sebagai "OK" atau cukup memadai. Meskipun tingkat penerimaan masih dapat diterima, peringkat tersebut termasuk dalam kategori marginal. Interpretasi pendekatan berdasarkan Net Promoter Score (NPS) menunjukkan hasil yang "passive". Ini berarti bahwapengguna tidak menolak untuk menggunakan website Disty e-learning, tetapi mereka juga tidak benar-benar menyukainya. Dalam persepsi para pengguna yang menjadi responden dalam penelitian, tingkat kepuasan berada di tingkat menengah. Hasil ini menunjukkan bahwa e-learning DILAN (Disty Learning) dapat digunakan secara fungsional, tetapi ada ruang untuk perbaikan dalam meningkatkan tingkat kesenangan dan kepuasan pengguna. Mungkin ada aspek-aspek tertentu yang dapat ditingkatkan dalam hal kemudahan belajar, kemampuan mengingat, efisiensi penggunaan, frekuensi kesalahan, dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Kata Kunci:User Experience, Disty Learning,System Usability Scale

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:58
Last Modified: 05 Nov 2024 02:58
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3296

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats