RAHMAWATI, MELANDA AYU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBANTUAN PEAR DECK PADA MATERI SPLDV UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
Cover_compressed.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (259kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_compressed.pdf Download (32kB) |
|
Text
Hasil Cek Plagiasi_compressed.pdf Download (48kB) |
Abstract
Kemampuan untuk berpikir kreatif dalam konteks matematika mengacu pada kemampuan untuk menghasilkan gagasan-gagasan inovatif dalam bidang matematika. Namun, karena matematika sering dianggap sebagai subjek yang kompleks, banyak siswa cenderung memiliki keterbatasan dalam berpikir kreatif ketika dihadapkan pada permasalahan matematika. Faktanya, sebagian besar siswa cenderung mengandalkan rumus-rumus yang diajarkan oleh guru saat menjawab soal matematika, yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk berpikir kreatif. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan pear deck pada materi SPLDV untuk meningkatkan berpikir kreatif pada siswa yang valid, praktis, dan efektif (2) menghasilkan Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan pear deck pada materi SPLDV untuk meningkatkan berpikir kreatif pada siswa yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations yang melalui lima tahapan yaitu : (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan pear deck pada materi SPLDV untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa ini telah melibatkan dua tahap uji coba, yaitu uji coba terbatas di MTs Darul Hikmah Beji Jogoroto Jombang, vii yang melibatkan 9 siswa kelas VIII, sedangkan tahap kedua adalah uji coba lapangan yang melibatkan 24 siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi media pembelajaran, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru, soal pretes dan soal postes. Secara keseluruhan, temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbantuan pear deck pada materi SPLDV mampu meningkatkan berpikir kreatif pada siswa, hal ini terbukti telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk ini dianggap valid oleh validator sebesar 78,3%. Hasil keefektifan media pembelajaran ini yang dilihat dari perbandingan skor pretes dan postes siswa yaitu sebesar 0,39 ((
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 02:32 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 02:32 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3226 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |