Septiana, Lathifah (2022) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARBIYATUNNASYIIN DIWEK JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
|
Text
Cover, BAB I, BAB II, BAB III.pdf Download (944kB) | Preview |
|
Text
BAB IV & BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Cek Similarity.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman materi Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu kemampuan kognitif seseorang dalam mengambil inti dari materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan akhlak merupakan kemampuan yang termasuk ke dalam ranah afektif, dimana akhlak seseorang tercipta apabila melakukan seseuatu secara berulang-ulang tanpa adanya pemikiran, pertimbangan, dan diteliti terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji korelasi product moment dengan pearson, diperleh hasil koefisien korelasi pearson (r) sebesar 0,476 dengan taraf signifikansi sebesar 0.001 (5%). Dengan demikian, pemahaman materi Pendidikan Agama Islam dengan akhlak siswa memiliki hubungan pada tingkat sedang dan memiliki bentuk hubungan yang positif. Kata kunci: Pemahaman Materi, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 02:15 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 02:15 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3015 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |