HUBUNGAN POLA PEMBINAAN SISWA DARUL ULUM DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BADAN PENERAPAN DAN PENGKAJIAN TEKNOLOGI (BPPT) JOMBANG CAMBRIDGE INTERNATIONAL SCHOOL (CIS) ID 113

Kusuma, Rizky Marendra Dwi (2015) HUBUNGAN POLA PEMBINAAN SISWA DARUL ULUM DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BADAN PENERAPAN DAN PENGKAJIAN TEKNOLOGI (BPPT) JOMBANG CAMBRIDGE INTERNATIONAL SCHOOL (CIS) ID 113. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan dan daya serap matapelajaran agama Islam siswa, khususnya di tingkat SMA sudah cukup bagus, bila dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain.Untuk menigkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ini, telah banyak upaya yang telah dilaksanakan, baik itu dari pihak guru, maupun pihak siswa. Dari pihak guru, misalnya dengan diadakannya Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI), baik tingkat Kodya maupun tingkat Propinsi. Selain melalui MGMP PAI juga melalui penataran-penataran dan sebagainya. Dan sejauh ini, hasilnya sudah cukup menggembirakan. Para ahli pendidikan menjelaskan adanya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, yaitu faktor yang ada di luar siswa dan faktor yang ada dalam diri siswa. Faktor dari luar diri siswa, misalnya dapat berupa sarana prsarana, lingkungan, dan sebagainya. Sedangkan faktor yang berasal dari dalam diri siswa, misalnya dapat berupa kemampuan siswa (IQ), motivasi belajar siswa dan sebagainya. Berdasarkan kenyataan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil atau prestasi belajar siswa, maka diadakan penelitian ini dengan judul: “Hubungan Pola Pembinaan Siswa Darul Ulum Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Ulum 2 Unggulan Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) Jombang” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas II terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang pada tahun pelajaran 2014/2015 untuk kelas XI (saja). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Darul Ulum 2, sebanyak 318 siswa, dan yang diambil sampel sebanyak 44 siswa. Data yang diperoleh adalah hasil dari nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara pola pembinaan siswa Darul Ulum dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Ulum 2 BPPT Jombang. Kata kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 11 Nov 2015 05:49
Last Modified: 11 Nov 2015 05:49
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats