PENGARUH PENERAPAN MODEL ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 5 MOJOAGUNG JOMBANG

Zuliana, Nanik (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 5 MOJOAGUNG JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian yang berjudul pengaruh penerpan model Accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa mata mata pelajaran fiqih kelas V di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu ;(1) Bagaimana penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang? Adapun data penelitian ini dihimpun dari MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang yang merupakan obyek penelitian, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, angket, interview dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam meneliti ada tidaknya pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang adalah penelitian kuantitati serta bersifat deskriptif korelasional, karena penelitian ini menggambarkan tentang pengaruh atau sebab akibat dari kedua variabel penelitian. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus product moment dan uji signifikasi t hitung dapat disimpulkan; (1) Bahwa penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER pada mata pelajaran Fiqih di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang termasuk dalam kategori cukup baik, hal ini terbukti dari hasil observasi pada guru Fiqih mampu menerapkan langkah -langkah pembelajaran model Accelerated Learning tipe MASTER dengan dibuktikan hasil prosentase responden sebesar 69,58%. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang adalah baik. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dari hasil dokumentasi nilai rapor siswa yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 8,16. (3) Adanya pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe MASTER terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI Muhammadiyah 5 Mojoagung Jombang dapat dikatakan berpengaruh. Hal ini dibuktikan nilai r xy = 0,730 dan pada tabel interpretasi menyatakan r =0,70-0,89 menunjukkan korelasi yang kuat atau tinggi. Sedangkan untuk t hitung diperoleh nilai 5,850 sehingga terbukti Ha diterima Ho ditolak sebab thitung>ttabel (5,850>2,04227). Kata kunci: Pengaruh Penerapan Model Accelerated learning Tipe MASTER, Meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:24
Last Modified: 11 Dec 2017 02:24
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats