Latief, Luluk Fauziah (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X-XI SEKOLAH LUAR BIASA DARUL ULUM MURONG JOGOROTO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Setiap manusia memiliki hak yang sama baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam memperoleh pendidikan, khususnya anak tunarungu di SLB Darul Ulum Murong Jogoroto mereka berhak mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan, penerapan metode pembelajaran agama islam pada siswa tunarungu kelas X-XI di SLB Darul Ulum Murong Jogoroto Jombang, efektivitas metode pembelajaran agama islam pada siswa tunarungu, faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran agama islam pada siswa tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, metode yang digunakan dalam pembelajaran agama islam yaitu metode ceramah, metode drill, metode artikulasi, metode demonstrasi. Untuk metode yang diterapkan sudah sangat efektif itu dibuktikan dengan adanya perkembangan positif pada anak. Kurangnya media pembelajaran dan kurangnya tenaga pengajar merupakan faktor penghambat. Sedangkan faktor pendukungnya peran guru dan orang tua, antusias siswa, materi yang disederhanakan, kegiatan keagamaan di luar kelas. Kata Kunci: Metode pembelajaran, agama islam, siswa tunarungu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Latif Rosyadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2017 04:33 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 04:33 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/876 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |