PENGGUNAAN PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR PLUS PESANTREN AL-ANWAR JOMBANG

Salamah, Novita Wahyu (2017) PENGGUNAAN PERMAINAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR PLUS PESANTREN AL-ANWAR JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV A SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang dengan menggunakan permainan dakon. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi dan lembar observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas IV A SD Plus Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang, sedangkan objek penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi belajar. Data analisis dengan menggunakan teknik data deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan dakon yang dilakukan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika selama dua siklus. Hal itu dibuktikan dengan pengingkatan persentase rata -rata motivasi belajar dari pratindakan yaitu 54,80% menjadi 59,52% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,69%. Kata kunci; permainan dakon, motivasi belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Latif Rosyadi
Date Deposited: 25 Nov 2017 04:37
Last Modified: 25 Nov 2017 04:37
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats