Nikmah, Diyah Ulfatun (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI SALAFIYAH SYAFI’IYAH II KLINTENGAN-SOOKO-MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Pelajaran IPA terasa hanya dalam angan-angan jika tidak disajikan dengan model pembelajaran yang menarik dan efektif akan mengakibatkan tidak aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif. Tujuan untuk mengetahui keaktifan siswa sebelum dan setelah diterapkan model sains teknologi masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis flow model. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keaktifan belajar sebelum diadakanya penelitian nilai prosentase 12,19% pada keaktifan siswa namun daya serap materi, siswa tuntas sebanyak 4 anak, siklus I prosentase 36,58% dan siklus II 87,80%. Dengan hal tersebut sudah memenuhi target. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STM efektif meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model STM, Peningkatan Keaktifan Belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Latif Rosyadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2017 04:38 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 04:38 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/862 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |