Murianto, Tri Arifin (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TSAMROTUL HUDA SIDOHARJO GEDEG MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Dalam proses mempersiapkan anak agar mampu menerima Islam dan bertanggung jawab untuk mengemban tugas pengembangan dan dakwahnya, maka sejak anak-anak diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw agar belajar membaca dan menulis, serta menghafal ayat al -Qur’an yang dapat berpengaruh peningkatan prestasi belajar siswa. Tujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan program hafalan al -Qur’an terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Desain penelitian menggunakan Pendekatan jenis kuantitat if dengan teknik uji validasi analisis Regresi Linier sederhana. Alat pengukuran data menggunakan metode observasi, metode angket, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan perhitungan prosentase keaktifan Program menghafal Al Qur’an sebesar 43.5% memilih jawaban “a”, cukup baik karena 43.5 % termasuk kategori 75% - 50% dan pembuktian yang telah dilakukan menghasilkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara keaktifan program menghafal Al Qur’an dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Islam (SDI) Tsamrotul Huda Sidoharjo Gedeg Mojokerto. Kata Kunci : Keaktifan, Menghafal Al - Qur‟an, Peningkatan Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Latif Rosyadi |
Date Deposited: | 25 Nov 2017 04:41 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 04:41 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/849 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |