Fauziah, Elok (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIDAYAH PLEMAHAN SUMOBITO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelajaran Aksara Jawa akan tidak terasa sulit jika disajikan dengan metode pembelajaran yang menarik dan efektif. Kurangnya inovasi dalam pembelajaran, mengakibatan siswa kurang paham tentang Aksara Jawa. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan membaca Aksara Jawa siswa sebelum dan setelah diterapkan metode Make a Match. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis flow model. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, setiap siklusnya memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebelum diadakanya penelitian nilai prosentase 23,68% pada kemampuan membaca Aksara Jawa namun daya serap materi, siswa tuntas sebanyak 9 anak, siklus I prosentase 47,36% dan siklus II 89,5%. Dengan hal tersebut sudah memenuhi target. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make a Match efektif meningkatkan kemampuan membaca Aksara Jawa siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Plemahan Sumobito Jombang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 01 Oct 2017 04:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2017 04:38 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/774 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |