Hasanah, Alvianti Nur (2017) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH BUDUG TUGUSUMBERJO PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan pendidikan yang harus dicapai oleh anak didik melalui kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kepemimpinan kurikulum di MTs Al-Hidayah Budug Tugusumberjo Peterongan Jombang. Jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang digunakan adalah observasi langsung. Wawancara dilakukan kepada kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan guru. Kesimpulan hasil Penelitian, Pelaksanaan manajemen kepemimpinan kurikulum di MTs Al-Hidayah Budug Tugusumberjo Peterongan Jombang terdiri dari pelaksanaan ditingkat madrasah oleh kepala madrasah dan wakilnya, pelaksanaan kepemimpinan kurikulum ditingkat kelas oleh guru. Faktor pendukungnya yaitu kepala madrasah menjalin kerjasama antar kepala madrasah, sarana prasarana yang memadai, SDM yang sesuai dibidanya, dan dukungan dari orang tua siswa. Faktor penghambatnya yaitu sulitnya dilaksanakan kurikulum karena kemampuan siswa yang beragam tidak diimbangi dengan dukungan orang tua kepada anaknya untuk belajar serta pembiayaan yang menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas madrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 01 Oct 2017 03:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2017 03:33 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/767 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |