PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI DAN INFORMASI DAPODIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DI SMA NEGERI MOJOAGUNG

FATONI, MUHAMAT (2016) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI DAN INFORMASI DAPODIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DI SMA NEGERI MOJOAGUNG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik menurut kemendikbud Republik Indonesia nomer 79 tahun 2015 adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online. Variabel dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas (X), adalah aplikasi (X1), informasi (X2), dan variabel terikat (Y) adalah layanan akademik (Y). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi dan informasi Dapodik terhadap layanan akademik di SMA Negeri Mojoagung, Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Sampel yang diambil sebanyak 30 responden dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan rumus sebagai berikut : Ý = 4,557 + (0,036) X1 + (1,046) X2, Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Sistem Informasi Dapodik berpengaruh secara parsial maupun simultan. Variabel Informasi (X2) memiliki koefisien regresi sebesar 1,107 terhadap Layanan Akademik (Y). Variabel Aplikasi (X1) memiliki koefisien regresi sebesar 0,374 terhadap Layanan Akademik (Y). Besarnya pengaruh variabel aplikasi (X1), dan informasi (X2) terhadap variabel layanan akademik adalah 63%, sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh sebab-sebab yang lain. Hal tersebut berarti mempunyai segi positif bagi semua pihak sehingga aplikasi dan informasi Dapodik berpengaruh terhadap kualitas layanan kepada guru dan tenaga kependidikan serta pihak dari dinas pendidikan dan kebudayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > S1-Sistem Informasi
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:21
Last Modified: 06 Feb 2017 02:21
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats