PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’AN SECARA TARTIL DI ASRAMA 4 CHOS I AINUSSYAMS PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG

KHAKIMAH, INDI (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’AN SECARA TARTIL DI ASRAMA 4 CHOS I AINUSSYAMS PONDOK PESANTREN DARUL ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data yang autentik dan ingin mengetahui pengaruh metode pembelajaran tajwid terhadap kemampuan santri membaca al-Qur’an secara tartil di asrama 4 chos i Ainussyams. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan uji analisis Product Moment. Sampel penelitian 54 responden. Metode Pemebelajaran Tajwid menjadi variabel (X) dan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur’an Secara Tartil menjadi variabel (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa Metode Pembelajaran Tajwid tergolong baik, yaitu sebesar 85,3%, sedangkan kemampuan santri membaca al-Qur’an secara tartil tergolong baik, yaitu sebesar 78,4%. Dengan melihat nilai r hitung sebesar 0,681, maka dapat dikonsultasikan pada tabel r product moment diperoleh harga r tabel sebesar 0,266 dengan taraf signifikansi (kesalahan) ditetapkan 5% maka dapat disimpulkan bahwa hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,681>0,266), Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Tajwid Terhadap Kemampuan Santri Membaca Al-Qur’an Secara Tartil Di Asrama 4 Chos I Ainussyams”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 22 Jan 2017 03:50
Last Modified: 22 Jan 2017 03:50
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/522

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats