CHOFSOH, TRI CHANIFA (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI PAI DI MTS SYAFI’IYAH PULOREJO NGORO JOMBANG TAHUN 2015/2016. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran PAI di Madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai hasil yang kurang menyenangkan. Seperti halnya proses pembelajaran PAI di Madrasah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang agama Islam”. Hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah:Untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI di MTs Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang Tahun 2015/2016?.Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran PAI di MTs Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang Tahun 2015/2016?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dan penelitian ini disebut penelitian studi kasus karena peneliti akan menggali data tentang informasi mengenai strategi pembelajaran materi PAI di MTs Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang Tahun 2015/2016. Metode penentuan subjek adalah cara kerja untuk memahami objek pendukung penelitian. Teknik yang digunakan adalah teknik populasi terhingga yang terdiri dari 4 responden yaitu: Semua Guru mata pelajaran PAI (Al-Quran Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, SKI).Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu: Metode observasi, Metode Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil Penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:Implementasi strategi pembelajaran PAI di MTs Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang belum mencapai proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta belum memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Evaluasi pembelajaran PAI di MTs Syafi’iyah Pulorejo Ngoro Jombang lebih menitikberatkan pada aspek kognitif peserta didik. Adapun untuk aspek afektif dan perkembangan kepribadian peserta didik belum ter-cover secara baik dalam evaluasi pembelajarannya. Hal ini disebabkan kurangnya penguasaan teknik dan metode evaluasi oleh guru PAI itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 22 Jan 2017 03:46 |
Last Modified: | 22 Jan 2017 03:46 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |