MULYADI, ANES (2016) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP INDEKS KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM ISLAM MADINAH KASEMBON MALANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
Kepuasan pasien dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang meliputi bukti langsung (tangibles), keterhandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kenyamanan (assurance) dan perhatian (empathy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai hubungan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan keperawatan terhadap indeks kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon Malang. Peneliti menggunakan desain penelitian korelasi observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Variabel independent persepsi pasien tentang kualitas pelayanan keperawatan sedangkan variabel dependent dalam penelitian ini adalah Indeks Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. ). Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Instrumen peneliti Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang melakukan analisis terhadap hubungan 2 variabel (bivariat) yaitu variabel kategorik dan kategorik. Analisis yang digunakan yaitu uji Chi Square dengan membandingkan nilai p dengan nilai α = 0,05. Hasil uji statistic korelasi chi square hubungan persepsi pasien tentang pelayanan keperawatan dengan indeks kepuasan di IGD Rumah Sakit Umum Islam Kasembon Malang diatas adalah dari jumlah responden sebanyak 30 responden didapatkan sig. (2-tailed) 0,029 atau <0,05 yang berarti H0 di tolak dan H1 diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara persepsi pelayanan keperawatan dengan indeks kepuasan dengan koefisien korelasi sebesar 0,745 yang berarti koefisien korelasi ini terinterpretasi kuat (0,60-0,799). Persepsi pasien terhadap pelayanan keperawatan sangatlah berpegaruh terhadap indeks kepuasan pasien. Karena disaat kualitas pelayanan keperawatan kepada pasien baik akan mempengaruhi kepuasan pasien yang berkunjung. Disaat kepuasan pasien miningkat akan mempengaruhi jumlah pasien yang akan kembali berobat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 09 Oct 2016 03:20 |
Last Modified: | 09 Oct 2016 03:20 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/460 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |