PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENERAPAN STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG

AJIZAH, SITI (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN PENERAPAN STRATEGI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTSN TAMBAKBERAS JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Salah satu kinerja guru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah melakukan strategi evaluasi pembelajaran yang senantiasa akan berpengaruh terhadap prestasi siswa. Selain itu kepemimpinan kepala sekolah juga memberikan peran yang cukup signifikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian terhadap hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan strategi evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kuantitatif dengan uji korelasi ganda dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan strategi evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Tambakberas Jombang dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup antara kepemimpinan kepala sekolah dan prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,476 serta antara strategi evaluasi pembelajaran dan prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,550. Terdapat pengaruh yang cukup dan signifikan dan simultan antara kepemimpinan kepala sekolah dan strategi evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai korelasi ganda sebesar 0,482. Besarnya koefisien penentu antara kepemimpinan kepala sekolah dan strategi evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa sebesar 23,23 %, selebihnya yaitu sebesar 77,78% ditentukan oleh factor lain, yang berarti pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan strategi evaluasi pembelajaran terhadap prestasi siswa adalah cukup signifikan dengan kontribusi sebesar 23,23%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 18 Jan 2016 04:30
Last Modified: 18 Jul 2016 04:38
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats