MANAJEMEN PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS UNGGULAN DAN REGULER DI MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG

MAIMUNATUSSAFIQOH, MAIMUNATUSSAFIQOH (2016) MANAJEMEN PEMBELAJARAN FIQIH PADA KELAS UNGGULAN DAN REGULER DI MTsN TAMBAKBERAS JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Tambakberas, dengan tujuan untuk mengetahu manajemen pembelajaran fiqih yang ada di kelas unggulan maupun reguler (yakni tentang perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta relefansi manajemen pembelajaran yang adadi kelas reguler dan unggulan). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan interaksi simbolik. Adapun metode yang digunakan dalam penggalian data ada tiga, yaitu: observasi, interview dan dokumentasi. Demi keabsahan suatu data dalam penelitian, maka peneliti menggunakan teknik trianggulasi, yakni memadukan semua data yang diperoleh guna mendapatkan jawaban analisa yang utuh. Hasil analisa ini menunjukkan bahwa, dalam perencanaan pembelajaran fiqih baik yang ada di kelas unggulan maupun kelas reguler, dalam perencanaan secara simbolik pembuatan perangkat pembelajaran telah dilaksanakan oleh MGMP mata pelajaran fiqih (kurikulum), namun secara individual hanya dilaksanakan sebagian kecil guru mata pelajaran fiqih (kurikulum), sedangkan untuk mata pelajaran fiqih (kitab), pembuatan perangkat pembelajaran mengikuti tahun sebelumnya. Adapun dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih (kurikulum) dan (kitab), mayoritas semua guru telah melaksanakan dengan baik, namun tak jarang pelaksanaan tidak sesuai dengan RPP yang telah dibuat, karena sifatnya yang insidental. Sedangkan Program Evaluasi, semua guru mata pelajaran fiqih (kurikulum) dan (kitab) telah mengadakan evaluasi pembelajaran, namun secara intensitas, masing- masing berbeda. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, secara simbolik manajemen pembelajaran mata pelajaran fiqih( kurikulum dan kitab) baik dikelas unggulan maupun reguler telah berjalan lancar, namun secara praktik perlu adanya pemantapan kembali, sehingga manajemen pembelajaran fiqih ( kurikulum dan kitab) baik dikelas unggulan maupun reguler bisa lebih maksimal. Dan tingkat relevansi pada kelas unggulan dan regular bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:59
Last Modified: 18 Jan 2016 03:59
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats