IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN PROBLEMATIKANYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN ILMU – ILMU KEAGAMAAN DI MAN REJOSO PETERONGAN JOMBANG

NUROIDAH, IFADATUN (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN PROBLEMATIKANYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN ILMU – ILMU KEAGAMAAN DI MAN REJOSO PETERONGAN JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran jurusan Ilmu- ilmu Keagamaan PAI di MAN Rejoso.2) Untuk mendeskripsikan problematika implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI jurusan Ilmu- ilmu Keagamaan di MAN Rejoso 3) Untuk mendeskripsikan sebab munculnya problematika dan solusi dari problematika implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI jurusan Ilmu- ilmu Keagamaan di MAN Rejoso. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan prilaku yang diamati,dengan tehnik pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : 1) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MAN Rejoso berjalan dengan baik walaupun masih xii banyak kendala, namun kendala tersebut sedikit demi sedikit bisa diatasi, 2) problematika implementasi kurikulum 2013 memang tidak sedikit baik problem internal maupun eksternal, hal ini terjadi karena masih minimnya informasi yang diperoleh tentang implementasi kurikulum 2013 secara utuh, 3) sebab munculnya problem ada 3 hal yakni, Buku, Proses pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dan kemampuan Guru, 4) solusi untuk mengatasi problem tersebut adalah, pertama;dengan pengalokaisan dana terhadap buku sehingga pengadaan buku sebagai pedoman bagi siswa dan guru bisa teratasi,kedua;sering mengadakan pendidikan dan pelatihan serta mengikut sertakan bapak ibu guru secara terus menerus agar implementasi kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan maksimal, ketiga; mendata secara valid guru – guru yang sudah mampu melaksanakan kurikulum 2013 dan guru guru yang belum mampu melaksanakan kurikulum 2013. Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar madrasah tetap mengadakan dan melaksanakan kurikulum 2013, mengenai adanya kendala insyaalloh bisa di atasi sambil dijalankan, karena justru kalau kurikulum ini dihentikan maka guru dan siswa tidak akan terbiasa melaksanakan kurikulum 2013 dan tujuan pendidikan nasional akan terhambat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana
Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 18 Jan 2016 03:42
Last Modified: 18 Jan 2016 03:42
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats