PRASETYO, HANIF (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH/MADRASAH DI SMP NEGERI I DIWEK DAN MTS NEGERI KERAS DIWEK JOMBANG. Masters thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Manajemen berbasis sekolah/madrasah merupakan paradigma pendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah dengan maksud agar sekolah leluasa mengelola sumberdaya dan sumberdana dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, bagaimana persamaan dan perbedaan dalam implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, dan apa faktor yang mendukung dan menghambat implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, persamaan dan perbedaan implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, dan faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, wakil bagian kurikulum SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, wakil bagian humas SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang, dan komite sekolah SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek Jombang. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras Diwek ada lima langkah, yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan. Faktor pendukungnya adalah dukungan dari berbagai elemen yang ada di sekolah, sarana dan prasarana yang memadai, dan etos kerja dan semangat yang tinggi dari semua elemen yang ada. Sedangkan faktor penghambatnya tidak terlalu berarti. Sedang faktor pendukung implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah di MTs Negeri Keras Diwek adalah dukungan dari berbagai elemen yang ada di sekolah, sarana dan prasarana yang dirasa masih kurang memadai, dan etos kerja xvii dan semangat yang tinggi dari semua elemen yang ada. Dan faktor penghambatnya adalah input siswa, ekonomi siswa, dan dana. Sedangkan persamaan implementasi manajemen berbasis sekolah/madrasah antara SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras diantaranya adalah dapat melaksanakan manajemen berbasis sekolah dengan berjalan baik berdasarkan latar belakang masing-masing sekolah, dapat melaksanakan hubungan sekolah dan masyarakat dengan berjalan baik berdasarkan strategi masing-masing sekolah, serta melaksanakan monitoring dan evaluasi berdasarkan kemampuan pihak sekolah masing-masing. Dan perbedaan dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah/madrasah antara SMP Negeri I Diwek dan MTs Negeri Keras diantaranya adalah bentuk program yang dilaksanaan pada kedua sekolah, karena latar belakang yang berbeda, sebuah wadah dalam berkoordinasi dengan masyarakat, serta sarana dan prasarana yang sangat berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 18 Jan 2016 03:34 |
Last Modified: | 18 Jan 2016 03:34 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/402 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |