IMPLEMENTASI DUALISME KURIKULUM DI SMK UNGGULAN NAHDATUL ULAMA’ MOJOAGUNG ( Studi Kasus Implementasi Kurikulum Berbasis Karakter Tahun 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam )

AFWIYAH, NAILATUL (2015) IMPLEMENTASI DUALISME KURIKULUM DI SMK UNGGULAN NAHDATUL ULAMA’ MOJOAGUNG ( Studi Kasus Implementasi Kurikulum Berbasis Karakter Tahun 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ). Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Implementasi dualisme kurikulum pada sebuah lembaga pendidikan merupakan sebuah proses dari pengembangan dan perubahan kurikulum sebagai usaha untuk mencapai tujuan pendidikan, SMK Unggulan Nahdatul Ulma’ Mojoagung Merupakn slah satu lembaga Pendidikan tingkat Menengah Kejuruan yang melaksanakan Implementasi dualisme kurikulum. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan implementasi dualisme kurikulum pada sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif,dengan pendekatan studi kasus. Pada pengumpulan data mengunakan menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi,teknik analisa data penelitian mengunakan teknis analisis Kualitatif. Implementasi dualisme kurikulum di SMK Unggulan nahdatul Ulama’ Mojoagung terdapat 4 tahapan (1) tahap perencanan meliputi analisis situasi, menyususn program sekolah dan perencanaan pelaksanaan implementasi (2) pengorganisaisan meliputi pembagian tugas, pembentukan kepala bagian kegiatan, pembentukan team guru mata pelajaran (3) pelaksanaan diantaranya melakukan kordiansi kegiatan, melakasnakan supervisi dan evaluasi, oleh kepala sekolah, pelakasanaan kegitan belajar mengajar di kelas oleh guru (4) evaluasi dan perbaikan. Evaluasi meliputi evaluasi program sekolah dan pelaksanaan pembelajran, perbaikan dalam bentuk remidial dan pendampingan siswa, pendampingan dan bimbingan teknis pada penerapan kurikulum. Faktor pengdukung: dukungan dari seluruh elemen yang ada di sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, sarana prasaran, semangat dan etos kerja yang tinggi dari semua elemenyang ada. Faktor penghambat kurangnya pelatihan dan bimbingan teknis untuk guru mata pelajaran produktif dan adaptif , pengadaan buku mata pelajran, ,format penilaian yang masih rancu. Implementasi Kurikulum Berbasis Karakter Tahun 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tahun 2006 di SMK Unggulan NU Mojoagung telah berjalan namun masih terdapat kendala terutama pada mata pelajran produktif dan adapatif, sedangkan pada matapelajaran normatif yang dalam skripsi ini adalah Mata Pelajran PendidikanAgama Islam implementasi tersebut telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 07 Jan 2016 03:36
Last Modified: 07 Jan 2016 03:36
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats