PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X DI SMA N BANDARKEDUNGMULYO TAHUN 2014/2015

SUMIATI, SUMIATI (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X DI SMA N BANDARKEDUNGMULYO TAHUN 2014/2015. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang memiliki peranan penting dalam pendidikan, oleh karena itu proses pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan menarik perhatian siswa sangat diharapkan untuk dilakukan guru pada waktu melakukan pembelajaran di kelas khususnya dalam bidang studi matematika. Untuk itu peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan metode pembelajaran langsung pada siswa SMAN Bandarkedungmulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Grup Designs dimana adanya kelas kontrol yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen yaitu kelas yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran TAI. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa tes untuk menggumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Bandarkedungmulyo sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X IPS-3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X IPS-1 sebagai kelas eksperimen. Data yang dianalisis adalah data hasil posttes siswa. Analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah uji-t secara manual. Berdasarkan perhitungan secara manual diperoleh t-hitung sebesar 0,325 yang lebih kecil dari t-tabel yang bernilai 2,021. Sehingga H_0 diterima dan H_a ditolak. Jadi tidak ada perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran koopeatif tipe TAI (team assisted individualization) dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas X IPS SMA N Bandarkedungmulyo tahun 2014/2015.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 07 Jan 2016 02:08
Last Modified: 07 Jan 2016 02:08
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats