Susanto, Yusuf Dwi (2015) RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT OPERASIONAL KERJA PADA STAR DATA CENTER PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA SURABAYA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PT.Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan data center. Data center merupakan fasilitas untuk penempatan beberapa server. Dimana TELKOM menyediakan rack server, pengaturan catu daya, pengaturan suhu serta koneksi data. Seiring dengan berkembangnya bisnis data center dan semakin bertambahnya jumlah pelanggan, selama ini di TELKOM untuk pengolahan data pelanggan, data jaringan, serta data transaksi meliputi data pelanggan dan data kunjungan masih menggunakan microsoft office. Semakin lama data yang diolah semakin banyak dan kompleks sehingga membutuhkan resource yang besar juga, ketika sistem lama masih berjalan maka akan menghambat pelayanan. Maka dari itu di lingkungan bisnis data center PT.Telekomunikasi Indonesia diperlukan adanya sistem untuk mengelola data pelanggan dan data jaringan. Untuk itu maka di bangun sistem Elektronik Customer Relationship Management guna membantu operasional kerja dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Peneletian ini menghasilkan sebuah aplikasi E-CRM, yang berbentuk sebuah website penyimpanan data pelanggan, data jaringan serta data laporan. Dengan adanya sistem E-CRm ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pelayanan kepada pelanggan yang saat ini mashi terbatas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > S1-Sistem Informasi |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 01:18 |
Last Modified: | 07 Jan 2016 01:18 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/384 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |