WIJAYANTI, SUSRINI (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TENTANG KEMAMPUAN BEREMPATI PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG CEMPAKA RS KRISTEN MOJOWARNO. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Empati merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memberikan pelayan terhadap pasien. Dampak dari kurangnya empati dapat mempengaruhi kondisi psikis pasien , biasanya pasien akan lebih labil emosinya dan timbul rasa ketidakpuasan terhadap mutu pelayanan yang di berikan. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan populasi adalah semua pasien di ruang Cempaka RSK Mojowarno, jumlah sampel sebanyak 48 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan uji statistik menggunakan rank spearman ( rho ) dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian kemampuan berempati perawat adalah baik sebesar 20 responden ( 41,7 %), cukup baik sebesar 10 responden (20,8 %) dan 9 responden ( 18,8 % ) mengatakan sangat baik. Sedangkan tingkat kepuasan pasien 23 responden (47,9%) puas,16 responden (33,3%) kurang puas dan 9 responden mengatakan sangat puas dengan kemampuan berempati perawat.Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang positif dan erat antara kemampuan berempati perawat dengan tingkat kepuasan pasien ( ρ = 0,000 ). Hasil penelitian ini dapat di simpulkan sikap dan perhatian perawat terhadap pasien adalah hal yang sangat di harapkan oleh pasien
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 28 Nov 2015 02:30 |
Last Modified: | 28 Nov 2015 02:30 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/356 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |