Mahfudhiyah, Silfi (2024) MANAJEMEN PERENCANAAN KURIKULUM DALAM MENGUPAYAKAN INOVASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
![]() |
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
3. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
![]() |
Text
6. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
HASIL CEK SIMILARITY.pdf Download (18kB) |
Abstract
MTsN3 Jombang mengikuti kebijakan baru pemerintah tentang opsi penerapan Kurikulum Merdeka di Madrasah. Opsi ini didesain sesuai dengan kondisi Madrasah. Kepala Madrasah MTsN3 bersama staf-stafnya menyusun perencanaan Kurikulum Merdeka dengan desain Kurikulum Merdeka berbasis pondok pesantren. Selain itu, desain Kurikulum Merdeka di MTsN3 juga fokus pada Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran yang menitikberatkan kebutuhan Peserta didik dengan inovasi pembelajaran yang beragam. Dari sini, maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis manajemen perencanaan di MTsN3 dalam persiapan implementasi kurikulum merdeka, menganalisis inovasi pembelajaran berdiferensiasi dalam perencanaan implementasi kurikulum merdeka, dan mengidentifikasi langkah strategis manajemen perencanaan kurikulum merdeka dalam persiapan penerapan inovasi pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Yaitu mendeskripsikan data temuan dengan menggunakan narasi dalam paragraf. Penilitian ini juga termasuk penelitian field research (penelitian lapangan), yaitu penelitian dilakukan dengan datang secara langsung ke MTsN3 Jombang. Dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah melalui tiga tahapan, yaitu kondensasi data, analisis data, dan verifikasi data yang kemudian dideskripsikan dan diulas dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen perencanaan yang dilakukan di MTsN3 Jombang sudah sangat baik. MTsN3 Jombang merencanakan kurikulum dengan menggunakan langkah-langkah berikut: menentukan kebutuhan kurikulum, merumuskan tujuan yang ingin dicapai, merencanakan program-program madrasah, menentukan strategi belajar mengajar, dan melakukan evaluasi kurikulum. Kedua, inovasi pembelajaran yang muncul dalam perencanaan implementasi Kurikulum Merdeka masuk dalam tiga kategori, yaitu berdiferensiasi Konten, berdiferensiasi Proses, dan berdiferensiasi Produk dengan menitikberatkan gaya belajar peserta didik, kesiapan atau kemampuan peserta didik, dan minat peserta didik. Ketiga, langkah strategis Kepala Madrasah dalam persiapan penerapan inovasi pembelajaran berdiferensiasi adalah mengikutsertakan guru dalam kegiatan diklat dan workshop, mengikutsertakan guru dalam kegiatan desiminasi, mengadakan Forum MGMP, mendampingi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui supervisi oleh tim pengembangan kurikulum, menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang inovasi pembelajaran berdiferensiasi, mengidentifikasi kemampuan peserta didik melalui ajang PPDB, dan memetakan peserta didik sesuai dengan hasil identifikasi peserta didik. Kata Kunci: Manajemen Perencanaan Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi, Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:39 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:39 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3510 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
![]() |
View Item |