HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG VVIP GRAHA WALUYA RSUD JOMBANG

EKAWATI, MARDHIYAH DINA (2015) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG VVIP GRAHA WALUYA RSUD JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan, maka fungsi pelayanan secara perlu ditingkatkan untuk memberi kepuasan pasien. Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen (pasien) terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di ruang VVIP Graha Waluya RSUD Jombang. Penelitian ini menggunakan metode Cross-Sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan selanjutnya ditabulasi dengan menggunakan distribusi frekuensi dan di uji menggunakan uji Spearman dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan sebagian besar tinggi sebanyak 28 orang (70%) dan sebagian besar sangat puas sebanyak 22 orang (55%). Berdasarkan uji spearman didapatkan P = 0,00 (< 0,05) artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Bagi pihak RSUD Jombangla perlu mengembangkan sistim informasi manajemen Rumah Sakit untuk lebih memudahkan pelayanan serta evaluasi cepat terhadap kebutuhan pelayanan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan
Depositing User: M Kirom
Date Deposited: 28 Nov 2015 01:04
Last Modified: 28 Nov 2015 01:04
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats