PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BARIT” UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI BARISAN ARITMETIKA

JANNAH, AISYATUL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BARIT” UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI BARISAN ARITMETIKA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img] Text
Cover_compressed.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_compressed.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Hasil Cek Plagiasi_compressed.pdf

Download (39kB)

Abstract

Penelitian yang sedang diselenggarakan ialah studi dan pengembangan yang bertujuan untuk (1) menyediakan penjelasan tentang proses pengembangan media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) yang mampu mendukung pengertian konsep siswa dengan cara yang sah, praktis, dan efektif pada topik barisan aritmetika, dan (2) menciptakan media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) yang mendukung pengertian konsep siswa dengan cara yang sah, praktis, dan efektif pada topik barisan aritmetika. Subjek penelitian terkait ialah siswa kelas XI dari MA Miftahul Ulum Jombang. Metode penelitian yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE, yang singkatannya ialah analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pendekatan pengumpulan data mencakup data kuantitatif dan kualitatif. Media pembelajaran BARIT (Barisan vii Aritmetika) diujicobakan melalui dua tahap, yakni uji coba terbatas dan uji coba lapangan di MA Miftahul Ulum Jombang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam pengembangan media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) terkait mencakup lembar kerja siswa, lembar validasi, kuesioner tanggapan siswa, kuesioner tanggapan guru, dan tes pengertian konsep. Secara umum hasil yang didapat dari penelitian yang dijalankan yakni media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) sudah mencukupi kriteria cukup valid, praktis dan sangat efektif. Produk mencukupi kriteria cukup valid dengan prosentase kevalidan 69,90%. Hasil kepraktisan media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) dilihat dari angket tanggapan siswa dan angket tanggapan guru. Pada uji coba lapangan media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) hasil angket tanggapan siswa mencukupi kriteria praktis dengan prosentase kepraktisan sejumlah 77,14%. Hasil angket tanggapan guru pada media pembelajaran BARIT (Barisan Aritmetika) juga mencukupi kriteria praktis dengan prosentase kepraktisan 81,67%. Hasil keefektifan dilihat dari tes pengertian konsep dengan prosentase 88,60% sehingga mencukupi kriteria sangat efektif.. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Barisan Aritmetika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan
Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:14
Last Modified: 25 Jun 2024 03:14
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats