AZIFATUROYKHAN, FANI (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH NUMERASI MENGGUNAKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
Text
COVER_compressed.pdf Download (145kB) |
|
Text
BAB I_compressed.pdf Download (59kB) |
|
Text
BAB II_compressed.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB III_compressed.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB IV_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
BAB V_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf Download (59kB) |
|
Text
Hasil Cek Similarity_compressed.pdf Download (26kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi pada materi bangun datar yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Karena itu penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis kesalahan yang digunakan dalam penelitian adalah jenis kesalahan menurut Tahapan Polya. Pada penelitian ini diambil 3 subjek penelitian, yaitu satu subjek yang memiliki motivasi belajar siswa tinggi dengan jumlah kesalahan terbanyak, satu siswa yang memiliki motivasi belajar siswa sedang dengan jumlah kesalahan terbanyak, satu siswa yang memiliki motivasi belajar siswa rendah dengan jumlah kesalahan terbanyak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes soal tertulis, wawancara dan angket motivasi belajar siswa. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: subjek yang memiliki motivasi belajar siswa tinggi mengantuk saat mengerjakan saol numerasi, jika jawabannya berbeda dengan temannya subjek akan mengganti jawabannya sehingga sama dengan jawaban temannya akibatnya subjek melakukan kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian dan kesalahan memeriksa kembali jawaban. Subjek yang memiliki motivasi belajar siswa sedang cenderung bertindak pasif saat kegiatan berdiskusi dan mengemukakan pendapat serta merasa bergantung pada orang lain dalam menjawab pertanyaan matematika sehingga subjek melakukan kesalahan melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak melakukan tahap memeriksa kembali jawaban. Subjek yang memiliki vii motivasi belajar siswa rendah tidak memiliki kegemaran dalam pelajaran matematika, dan tidak berusaha dengan maksimal dalam mengerjakan soal yang dianggap sulit sehingga subjek melakukan kesalahan merencanakan penyelesaian, kesalahan melaksanakan rencana penyelesain, dan tidak melakukan tahap memeriksa kembali jawaban. Kata Kunci : Kesalahan, Masalah Numerasi, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan Fakultas Bisnis Bahasa dan Pendidikan > S1 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 02:59 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 02:59 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/3228 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |