INDARMINI, ENI YULIATI (2015) STUDY TENTANG PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PADA PEMBERIAN OBAT INJEKSI DAN RESPON PASIEN TERHADAP PELAKSANAANNYA DI RSUD JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
|
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Peran komunikasi dalam pelayanan kesehatan tidak dapat dipisahkan dari setiap pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, tetapi kadangkala pasien merasakan komunikasi yang sedang berjalan tidak efektif karena kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diterimanya. Sekalipun perawat sudah memahami tentang cara komunikasi yang efektif dengan klien , namun pada kenyataannya perawat terkadang tidak mampu melakukannya dengan baik. Hal ini mungkin disebabkan adanya hambatan, baik yang datang dari klien maupun dari diri perawat sendiri. Tujuan penelitian mengetahui studi tentang pelaksanaan komunikasi terapiutik pemberian obat injeksi dan respon pasien terhadap pelaksanaannya di RSUD Jombang. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi semua perawat pelaksana di RSUD Jombang dengan jumlah sampel 30 perawat dan 30 pasien, pengambilan sampel dengan cara random sampling. Variabelnya adalah komunikasi terapiutik pemberian obat injeksi pada pasien. Pengumpulan data SOP komunikasi terapiutik dan lembar wawancara, pengolahan dan analisa data Editing, Coding, Scoring, Tabulating, analisa data yang digunakan dengan memberikan skor pernyataan favourable diberi nilai 1 dan un favourable diberi nilai 0 kemudian dimasukkan ke dalam rumus prosentase. Berdasarkan hasil penelitian di RSUD Jombang didapatkan sebagian besar komunikasi perawat adalah baik sebanyak 18 orang (60%), dan sebagian besar respon pasien terhadap komunikasi yang dilakukan oleh perawat adalah baik sebanyak 16 orang (53,3%). Diharapkan agar petugas kesehatan meningkatkan kualitas personal perawat sebagai “care giver” serta benar-benar dapat menerapkan komunikasi terapiutik dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan dapat memberi gambaran atau informasi bagi peneliti berikutnya serta mengetahui setiap persoalan yang timbul pada jasa pelayanan keperawatan dan seberapa jauh memuaskan pasien dan mencari alternative pemecahannya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > S1-Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | M Kirom |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 06:24 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 06:24 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/319 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |