Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa

Maftuhatin, Lilik and Rosyid, Hari Zakaria (2019) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam (JPI), 3 (1). ISSN ISSN: 2550-1038 (online) dan 2614-428X (cetak) (In Press)

[img]
Preview
Text
Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pengaruh, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Fasilitas Sekolah, Hasil Belajar. Sosial ekonomi merupakan status suatu gambaran tentang keadaan seseorang atau masyarakat yang dilihat dari segi sosial ekonominya. fasilitas sekolah adalah segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk membantu dan mempermudah kegiatan belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlaq adalah kemampuan siswa dalam menguasai materi Akhlaq yang diajarkan oleh guru melalui berbagai evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua serta persepsi siswa tentang Fasilitas Sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlaq di MAN Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket dan dokumentasi dengan teknik analisis regresi linier berganda,sampel penelitian 83. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai F hitung 40.683 dengan nilai sig. (p. Value) sebesar 0,000.Karena nilai sig. (p. Value) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain 0,000< 0,05. R square diketahui sebesar 0,607. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, X2 60,7% berhubungan dengan variabel terikat. Sedangkan 39,3% merupakan error. maka keputusan yng diambil terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlaq di MAN Tambakberas.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Jabatan Fungsional (JAFA)
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 29 May 2023 02:21
Last Modified: 29 May 2023 02:21
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats