PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 2 SD NEGERI CARANGREJO II KESAMBEN JOMBANG

Triwandani, Tita (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 2 SD NEGERI CARANGREJO II KESAMBEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas II SDN Carangrejo II Kesamben Jombang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think,Pair and Share. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakapn Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Carangrejo II Kesamben Jombang sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think,Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan pada kondisi sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa yaitu 69,33 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 60.00%, kemudian meningkat pada siklus I nilai rata-rata kelas 77.16 pdengan persentase ketuntasan sebesar 86,66% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,66 dengan persentase ketuntasan sebesar 96,66%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think,Pair and Share, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:33
Last Modified: 04 Apr 2023 04:33
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats