EFEKTIVITAS MEDIA UJANG (UKURAN PANJANG) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FALAH TRAWASAN SUMOBITO JOMBANG

Nurrohmah, Triya (2019) EFEKTIVITAS MEDIA UJANG (UKURAN PANJANG) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FALAH TRAWASAN SUMOBITO JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran matematika materi satuan panjang, dilakukan sebanyak dua kali uji coba .Subjek penelitian ini dilakukan di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Trawasan Sumobito Jombang yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Agar mudah memberi penjelasan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah pada materi satuan panjang peneliti menerapkan media ujang dan peneliti menggunakan penelitian Research And Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Pada tahap uji coba I hasil pretest rata-rata dan jumlah siswa bernilai 30,33 dan 910. sedangkan posttest hasil rata-rata dan jumlah siswa bernilai 50,8 dan 1524. Sedangkan pada uji coba II siswa mengalami peningkatan pada hasil belajar dengan rata-rata dan jumlah pretest 68,86 dan 2066 sedangkan posttest 90,0 dan 2724. Dapat disimpulkan bahwa keefektivan media Ujang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika materi satuan panjang. Kata kunci: Media Ujang, Berpikir kritis, Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Guru MI
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:08
Last Modified: 04 Apr 2023 04:08
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats