ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-INDEPENDENT DAN FIELD-DEPENDENT

Muzaiyana, Diah Umi (2020) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD-INDEPENDENT DAN FIELD-DEPENDENT. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi bisa terjadi jika konsepsi seseorang terhadap suatu materi berbeda dengan konsepsi yang dinyatakan oleh ilmuwan atau para pakar di bidangnya. Miskonsepsi juga dapat dipandang sebagai struktur kognitif yang ada pada diri siswa yang tidak sesuai dengan konsepsi yang dikemukakan oleh para ahli di bidangnya. Miskonsepsi memiliki keterkaitan dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) pada materi Relasi dan Fungsi 2) Untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) pada materi Relasi dan Fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMPN 1 Jogoroto tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa dengan dominan gaya kognitif field independent dan 1 siswa dengan dominan gaya kognitif field dependent . Subjek dipilih berdasarkan hasil skor GEFT dengan kriteria dominan field independent dan field dependent serta rekomendasi dari guru matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes GEFT, tes materi relasi dan fungsi serta wawancara yang digunakan untuk mengetahui miskonsepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa field independent yaitu miskonsepsi pada letak domain dan kodomain pada diagram panah, konsep grafik fungsi dan grafik bukan fungsi. Miskonsepsi yang dialami siswa field dependent adalah konsep relasi, konsep fungsi pada diagram panah, konsep kodomain dan range , konsep letak domain dan kodomain yang dibalik pada diagram panah, grafik fungsi dan grafik bukan fungsi. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya variasi contoh dan bukan contoh pada pembelajaran. Kata kunci: Miskonsepsi, gaya kognitif field independent , gaya kognitif field dependent, relasi, fungsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:38
Last Modified: 16 Mar 2023 03:38
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats