PENGEMBANGAN LKS DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA GAMELAN JAWA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS 8

AGUSTIN, INNASARI (2022) PENGEMBANGAN LKS DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA GAMELAN JAWA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS 8. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.

[img]
Preview
Text (Cover Sampai BAB III)
Pengembangan LKS Digital Berbasis Etnomatematika Gamelan Jawa Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas 8_Part1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB VI)
Pengembangan LKS Digital Berbasis Etnomatematika Gamelan Jawa Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas 8_Part2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Presentase Hasil Cek Similarity)
Pengembangan LKS Digital Berbasis Etnomatematika Gamelan Jawa Guna Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas 8_Part3.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk yaitu lembar kerja siswa digital berbasis etnomatematika gamelan Jawa dalam versi android dan komputer yang bisa digunakan untuk proses belajar pada materi baris dan deret aritmetika serta meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Prosedur dan penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini ialah ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Model pengembangan ini terdiri dari 5 langkah yakni, 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation) (Cahyadi, 2019: 36). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi LKS digital GAMBATE, penyebaran angket kepraktisan kepada siswa dan guru kelas VIII di Mts Plus Darul Ulum, dan pemberin pretes sebelum penggunaan LKS digital GAMBATE serta pemberian soal postes setelah menggunkana LKS digital GAMBATE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS digital berbasis etnomatematika praktis dengan presentase kepraktisan 88,6 % dan cukup valid dengan presentase kevalidan 70,2%. LKS digital berbasis etnomatematika gamelan Jawa ini masih rendah tingkat kefektifannya dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil N-gain skor yang menunjukkan kriteria bahwa LKS digital berbasis gamelan Jawa ini < 30%. Kata Kunci : LKS digital, Etnomatematika, Literasi matematika, Barisan Aritmetika dan Gamelan Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iqbal Iqbal
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:18
Last Modified: 09 Feb 2023 03:18
URI: http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

Downloads

Downloads per month over past year

View Item View Item
View My Stats