SUNHAJI, ROCHMATUL LAILI DALILA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INSTRUCTIONAL GAME PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum.
|
Text (Cover Sampai BAB III)
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Instructional Game Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Siswa (6) (1)_Part1.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV dan BAB VI)
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Instructional Game Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Siswa (6) (1)_Part2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Presentase Hasil Cek Similarity)
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Instructional Game Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Siswa (6) (1)_Part3.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan media Game Operasi Bilangan Bulat untuk mandukung pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat yang valid, praktis, dan efektif, (2) menghasilkan media Game Operasi Bilangan Bulat untuk mandukung pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat yang valid, praktis, dan efektif. Model penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE yang melalui lima tahapan, yaitu: (1) analysis atau analisis, (2) design atau desain, (3) development atau pengembangan, (4) implementation atau implementasi, (5) evaluation atau evaluasi. Media Game Operasi Bilangan Bulat diuji cobakan dengan dua uji coba yaitu uji coba terbatas yang dilakukan terhadap 4 siswa MTs Plus Darul Ulum Peterongan dan uji coba lapangan yang dilakukan terhadap 26 siswa MTs Plus Darul Ulum Peterongan. Data yang diperlukann pada penelitian pengembangan ini didapatkan dengan menggunakan menggunakan lembar validasi, angket respon siswa dan tes pemahaman konsep. Secara keseluruhan, hasil yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini yaitu media Game Operasi Bilangan Bulat telah memenuhi kriteria cukup valid, efektif vii dan praktis. Media memenuhi kriteria cukup valid dengan presentase kevalidan 70,6%. Hasil uji coba kepraktisan media menunjukkan kriteria praktis dengan presentase kepraktisan sebesar 81,9%. Sedangkan hasil uji keefektifan media menunjukkan kriteria sangat efektif dengan memperoleh presentase keefektifan sebesar 86,5%. Kata kunci : pengembangan, media game operasi bilangan bulat, operasi bilangan bulat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iqbal Iqbal |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 03:14 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 03:14 |
URI: | http://eprints.unipdu.ac.id/id/eprint/2764 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
View Item |